Rabu, 13 Januari 2016

Apel Kebhinnekaan

Kepada Yth.:
Para Pastor dan Dewan Paroki
Para Ketua dan Pengurus Komunitas Kategorial
Para Ketua dan Pengurus Komisi HAAK, Kepemudaan, Kateketik, Pendidikan, Komsos
Para Pastor Mahasiswa
Para Pimpinan Komunitas Suster dan Bruder
Di Keuskupan Agung Jakarta


Dengan hormat,

Melalui surat ini kami menginformasikan kepada para Pastor/Suster/Ibu/Bapak/Saudara sekalian tentang akan diselenggarakannya APEL KEBHINNEKAAN oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) yang didukung organisasi dan lembaga agama di Indonesia terutama KWI, PBNU, PGI, MATAKIN, PHDI, dan WALUBI. Apel Kebhinnekaan tersebut diselenggarakan untuk mengawali serangkaian gerakan menjaga kebhinekaan dan persaudaraan lintas umat beragama di Indonesia, terutama dalam menghadapi ancaman terorisme, radikalisme, dan narkoba.

Apel Kebhinnekaan tersebut akan diselenggarakan pada:
Hari, tanggal: Minggu, 17 Januari 2016
Waktu: pk. 13.00-selesai
Tempat: Lapangan Banteng, Jakarta Pusat (sebelah Selatan Gereja Katedral)
Acara: apel/upacara, seruan para tokoh agama, ikrar pemuda lintas agama, pentas kesenian lintas agama/lintas budaya

Semangat dan tujuan yang melandasi Apel Kebhinnekaan tersebut dan gerakan-gerakan selanjutnya sangat sesuai dengan semangat dan sasaran-sasaran prioritas Arah Dasar Keuskupan Agung Jakarta tahun 2016-2020 yang mengangkat tema besar “Amalkan Pancasila”. Oleh karena itu, partisipasi dan kehadiran umat Gereja Keuskupan Agung Jakarta dalam Apel Kebhinnekaan tersebut sangat diharapkan sebagai bentuk dukungan terhadap gerakan menjaga kebhinekaan dan persaudaraan antar umat beragama di Indonesia.

Maka, untuk mendukung terselenggaranya Apel Kebhinnekaan tersebut, kami mengimbau:
1. Para Pastor dan Dewan Paroki agar menggerakkan dan mengkoordinir umat menghadiri Apel Kebhinnekaan tersebut (misalnya mendorong perwakilan paroki umat untuk hadir, membantu menyediakan sarana transportasi umat ke lokasi acara, menyediakan konsumsi.)
2. Para Ketua dan Pengurus Komunitas Kategorial agar menggerakkan dan mengkoordinir anggota komunitasnya masing-masing menghadiri Apel Kebhinnekaan tersebut.
3. Ketua dan Pengurus Komisi HAAK agar menggerakkan dan mengkoordinir para aktivis awam menghadiri Apel Kebhinnekaan tersebut (terutama pengurus Seksi dan penggiat HAAK paroki, umat Katolik yang berperan sebagai Ketua/Pengurus RT/RW, serta pada kader HAAK).
4. Ketua dan Pengurus Komisi Kepemudaan agar menggerakkan dan mengkoordinir para aktivis kepemudaan menghadiri Apel Kebhinnekaan tersebut (terutama para pengurus Seksi Kepemudaan Paroki, eks-panitia KAJ Youth Day 2015, dsb.).
5. Ketua dan Pengurus Komisi Kateketik agar menggerakkan para guru/pembina dan anggota Bina Iman Remaja (BIR) menghadiri Apel Kebhinnekaan tersebut.
6. Ketua dan Pengurus Komisi Pendidikan agar menggerakkan para kader pelajar Katolik bersama para guru/pendamping mereka menghadiri Apel Kebhinnekaan tersebut.
7. Para Pastor Mahasiswa agar menggerakkan para mahasiswa Katolik di unit masing-masing untuk menghadiri Apel Kebhinnekaan tersebut (terutama para pengurus PMKAJ dan KMK).
8. Para Pimpinan Komunitas Suster dan Bruder agar menggerakkan para suster dan bruder untuk menghadiri Apel Kebhinnekaan tersebut.
9. Ketua dan Pengurus Komisi Komsos agar membantu sosialisasi/publikasi Apel Kebhinekaan kepada umat melalui media sosial.

Untuk memperlancar partisipasi umat yang hadir dalam Apel Kebhinnekaan tersebut, kami telah meminta kesediaan Bapak Yohanes Haryono Darudono sebagai Ketua Komisi Hubungan Antar Agama dan Kemasyarakatan (HAAK) KAJ bersama para pengurus komisi tersebut sebagai Koordinator Lapangan (Korlap). Mohon Pastor/Suster/Ibu/Bapak/Saudara berkoordinasi langsung dengan beliau dan Komisi HAAK KAJ dengan alamat kontak sbb.:

Bapak Yohanes Haryono Darudono
No. HP/WA: 0811961239; Email: yha.darudono@gmail.com; yha_mprima@yahoo.com

Pada saat hari dan waktu pelaksanaan Apel Kebhinnekaan, sebaiknya rombongan umat berkumpul terlebih dahulu di halaman Gereja Katedral/di depan Gedung Karya Pastoral untuk mendapatkan pengarahan teknis dari Korlap dan timnya sebelum bergerak menuju Lapangan Banteng.

Demikian surat imbauan kami, atas perhatian dan kesediaan para Pastor/Suster/Ibu/Bapak/Saudara sekalian menggerakkan umat untuk hadir dalam Apel Kebhinnekaan tersebut, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Dewan Karya Pastoral KAJ

Rm. Samuel Pangestu Pr
Ketua Umum/Vikaris Jenderal KAJ
Sekretariat Dewan Karya Pastoral (DKP)


 ]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar